Pengusiran Tentara Jepang Oleh Kyai As'ad

Beberapa kisah tentang Kyai As'ad yang berani mengusir tentara Jepang dari bumi Graha Jember beserta gerilyawan. Saat itu, begitu pasukan gerilya tiba dimarkas serdadu Jepang, Kyai As'ad langsung menemui komandan serdadu negara matahari itu, dan memberikan ultimatum, segera angkat kaki atau dihancurkan.

Namun komandan serdadu, dia masih berkelit, bahkan minta waktu 3 bulan untuk pergi. Kyai As'ad tidak mau dikibuli, dan hanya memberi waktu 3 hari saja pad jepang untuk pulang kenegaranya.

Saat hari ketiga habis, Kyai As'ad kembali menemui Komandan Jepang, tapi dia masih belum juga mau pergi dengan beragam alasan. Kyai As'ad pun marah dan tanpa babibu beliau menampar muka sang komandan, ini hal langka siapa berani serdadu Belanda pun tidak berkutik dengan Jepang.

Sejurus kemudian Kyai As'ad menggebrak meja yang ada didepan sang komandan pasukan Jepang, dan meja itu pun patah jadi dua.

Cerita ini diungkap oleh KH Muhyiddin Abdusshomad dalam sebuah acara di jember, Menurut Kyai Muhyiddin, kisah ditamparnya komandan Jepang tersebut menunjukkan betapa Kyai As'ad mempunyai wibawa dan keberanian yang luar biasa.

Bisa dibayangkan, seorang komandan yang begitu dihormati anak buahnya, tiba tiba ditampar didepan mereka dan dia tidak melawan." itu karena Kyai As'ad biasa berpuasa tirakat sehingga mudah mendapatkan pertolongan Allah",ucapnya.

Facebook

Spotify

Youtube Channel